Hakikat Kesabaran

Image

1. Bersabar Terhadap Ujian Adalah Kewajiban

Dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah) (Luqman 17)

 

2. Bersabarlah, Jangan Putus Asa

Apabila engkau sabar atas ketentuan yg menimpa dirimu, tentu engkau akan memperoleh pahala, akan tetapi jika engkau putus asa, justru karena itu engkau akan berdosa (Ali bin Abi Thalib ra)

 

3. SABAR DALAM DOA

Sahabatku, sesungguhnya ada satu hal yang membuat para nabi dapat bergembira ketika menerima penderitaan. Yaitu, mereka telah memutuskan berlari menuju ALLAH. Mereka terus-menerus percaya dan meyakini bahwa ALLAH sangat-sangat adil dan penyayang. Jika ada satu dua penderitaan, itu hanya jalan menuju kebahagiaan. Nabi Zakariya as adalah nabi yang sangat sabar. Dia berdoa selama empat puluh tahun untuk bisa mendapatkan anak. EMpat puluh tahun dia berdoa, empat puluh tahun juga doanya tidak dijawab. Namun karena dia telah “berlari di dalam ALLAH” dia terus berdoa sampai akhirnya berbahagia (mendapatkan anak). (La Tahzan for Teens, 2008)

 

4. Bersabarlah Terhadap Orang Yg Menghinamu, Jauhi Saja Mereka Tanpa Membalas Hinaannya

Dan bersabarlah terhadap apa yang mereka ucapkan dan jauhilah mereka dengan cara yang baik (Al Muzzammil 10)

 

5. SABAR TERHADAP SAKIT

Wahai manusia, jika datang rasa sakit (masalah/musibah), maka bersabarlah menunggu datangnya obat (petunjuk). Jika obat penyembuh telah datang, terimalah dengan penuh kesyukuran. Dengan begitu engkau akan berada dalam kehidupan yang ringan. (syaikh Abdul Qadir Jailani)

 

6. Wajib Sabar Terhadap Ujian ALLAH

Bermacam-macam ujian yg ditimpakan ALLAH kepada para hamba, bukan karena ALLAH membenci dan menghina si hamba, melainkan sebagai cobaan. Apakah ia tetap taat kepada ALLAH Ta’ala ketika menghadapi ujian, atau ia mendurhakai ALLAH. Apabila ia taat, maka ia akan bahagia dan apabila durhaka maka ia akan sengsara (Ibnu Taimiyah)

 

7. BERSABAR ATAS GANGGUAN ORANG KAFIR

Dan (juga) kamu sungguh-sungguh akan mendengar dari orang-orang yang diberi kitab sebelum kamu dan dari orang-orang yang mempersekutukan Allah, gangguan yang banyak yang menyakitkan hati. Jika kamu bersabar dan bertakwa, maka sesungguhnya yang demikian itu termasuk urusan yang patut diutamakan. (Ali ‘Imran 186)

 

8. HIDUP ITU CUMA ADA 2 HAL : SABAR DAN SYUKUR

Rosulullah saw brsabd, “Sungguh mengherankan perkara org mukmin itu, sesungguhnya seluruh perkaranya adl baik baginya. dan hal itu tdk dimiliki oleh siapapun kecuali oleh org mukmin. jika dia diberi sesuatu yg menggembirakan dia bersyukur, maka ia menjadi baik baginya. dan apabila ia ditimpa suatu mudharat dia bersikap sabar, maka mjd baik baginya” (HR Muslim)

 

9. SABAR DAN SYUKUR PARA NABI

Terimalah segala kesukaran dengan sabar dan segala kemudahan dengan syukur. Demikianlah yang telah dilakukan oleh para Nabi, para Rosul, para Shalihin. Mereka mensyukuri nikmat-NYA dan bersabar atas cobaan-NYA. (Syaikh Abdul Qadir Jailani)

10. BERSABARLAH ATAS GANGGUAN MEREKA

Kalian akan menemui keadaan yang tidak menyenangkan setelahku. Maka hendaklah kalian bersabar hingga kalian bertemu denganku di al-Haudh (telaga surga)” (HR Bukhari Muslim)

 

11. KENAPA KAMU TIDAK SABAR DAN TERGESA-GESA

Abu Abdullah mengadu kpd Rosulullah saw (krn disiksa kaum kafir Qurais), “Tidakkah anda memohon pertolongan? Tidakkah anda berdoa untuk kami?”. Maka Beliau menjawab, “Sungguh telah ada pada umat sebelum kamu, seseorang yg ditangkap lalu lalu dibuatkan untuknya lubang galian di tanah kmd dilemparkan didalamnya, kmd dihadirkanlah gergaji, lalu gergaji itu diletakkan diatas kepalanya dan dia dibelah menjadi dua bagian, dan disisir dg sisir besi apa yg sebelum daging dan tulangnya, ternyata hal tersebut tdk menghalang-halanginya dari agamanya. Demi Allah, Allah pasti menyempurnakan agama ini hingga seorang pengendara berjalan dari Khan’a ke Hadhramaut tdk merasa takut kecuali kpd Allah dari serigala atas kambing2nya, akan tetapi kamu tergesa-gesa (tidak sabaran)”. (HR Bukhari)

 

12. BERSABARLAH WAHAI ORANG FAKIR

Wahai orang fakir, bersabarlah atas kefakiran yang engkau alami, sesungguhnya kefakiran didunia hanya sementara. Rosulullah saw bersabda kepada Aisyah ra, “Wahai Aisyah, reguklah pahitnya dunia untuk mendapatkan manisnya akhirat” (Syaikh Abdul Qadir Jailani)

 

13. INSYAALLAH AKU TERMASUK ORANG SABAR

Beriman berarti berlari hanya kepada ALLAH. Apapun masalahnya, ALLAH Mahatahu dan akan memberikan jalan yang terbaik. Seorang manusia muda memberikan teladan yang sangat baik. Dia begitu pasrah ketika bapaknya (Nabi Ibrahim as) diperintahkan ALLAH untuk menyembelihnya,  “Ia menjawab: “Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar.” (Ash Shaaffaat 37) Inilah sikap iman yang mau menerima apa pun keputusan/ketetapan ALLAH. (La Tahzan for Teens, 2008)

nb : Apapun ujian/musibah/ketetapan ALLAH yang menimpamu, semoga ALLAH menjadikanmu termasuk orang-orang yang bersabar.

 

14. RIDHO DAN BERSABAR ATAS SEMUA KETETAPAN ALLAH

Bersabarlah bersama-NYA dan ridhalah dengan ketetapan takdir-NYA. Karena ALLAH SWT berfirman, “Kamu tidak mengerti barang kali ALLAH mengadakan sesuatu itu sebagai hal yang baru” (ath-Thalaq 1)

Apabila engkau bersabar, maka ujian itu akan menjadi ringan dan ALLAH SWT akan menjadikan hal yang baru untukmu, dimana hal itu DIA sukai dan juga engkau sukai. Apabila engkau berkeluh kesah lagi menentang, maka ujian itu akan menjadi lebih berat, dan akan ditambahkan siksa bagi dirimu karena penentangan yang engkau lakukan. Penentangan yang muncul dari dirimu disebabkan berdirinya dirimu dengan hawa nafsu dan kecintaanmu terhadap dunia dan sikap rakusmu (Syaikh Abdul Qadir Jailani)

 

15. YANG MENGAKU SABAR AKAN DIUJI DG KEMARAHAN

Mayoritas dari kalian mengaku ikhlas, padahal munafik. Apabila tidak ada ujian, pasti akan banyak orang yg mengaku-ngaku. Oleh karenanya, orang yg mengaku bersabar akan diuji dg hal yg menimbulkan kemarahannya, orang yg mengaku pemurah akan diuji dg banyaknya orang yg meminta. Apapun yg diakui, akan diuji dg sesuatu dari kebalikan yg diakuinya (Syaikh Abdul Qadir Jailani)

 

16. SABAR DALAM BERDOA

Rosulullah saw bersabda, “Akan dikabulkan do’a salah seorang dari kalian selama ia tidak terburu-buru, dengan ia berkata : “aku telah berdoa, aku telah meminta, tetapi aku tidak melihat ada yang mengabulkannya! kemudian ia putus asa dan akhirnya meninggalkan doa” (HR Bukhari Muslim)

 

17. BERSABARLAH ATAS SEMUA HINAAN MEREKA

Maka bersabarlah kamu terhadap apa yang mereka katakan dan bertasbihlah sambil memuji Tuhanmu sebelum terbit matahari dan sebelum terbenam(nya). (Qaaf 39)

 

19. TINGKAT KESABARAN

Sesungguhnya bencana2 itu datang kpd para Shalihin, sbgaimana datang kpdamu. Tetapi mrka bersabar, bahkan ada yg meleburkan diri dlm bencana & kesabarannya sekaligus. Merasa berat bersabar terjadi krn lemahnya keimanan, keimanannya masih kecil. Bersabar lahir ketika keimanan menginjak baligh, & mnerima takdir dg sepenuh hati ktika keimanan mencapai tingkatan paling dekat (dg ALLAH). (Syaikh Abdul Qadir Jailani)

20. SETIAP KESABARAN AKAN MEMBAWA KEBAIKAN

Ada seorang badui datang menghadap Rosulullah saw dengan maksud ingin meminta sesuatu pada Beliau. Rosulullah saw memberinya, lalu beliau bersabda, “Apakah aku berbuat baik kepadamu?”. orang kampung itu berkata, “pemberianmu tidak bagus”. para sahabat merasa tersinggung, lalu mengerumuninya dengan kemarahan. namun, Rosulullah saw memberi isyarat agar mereka bersabar.

kemudian Rosulullah saw pulang ke rumah dan kembali lagi dengan membawa barang tambahan untuk diberikan ke orang badui tersebut. Rosulullah saw bersabda pada orang badui itu, “Apakah aku berbuat baik kepadamu?”. badui itu berkata, “ya, semoga ALLAH SWT membalas kebaikan anda, keluarga, dan kerabat”.

keesokan harinya, Rosulullah saw bersabda kepada para sahabat, “Kalau pada waktu badui itu berkata yg sekasar kalian dengar, kemudian kalian tidak bersabar, bahkan kalian membunuhnya. maka ia pasti masuk neraka. namun, karena saya bina dengan baik, maka ia pun selamat”.

beberapa hari setelah itu, si badui mau diperintah untuk melaksanakan tugas penting dan berat sekalipun, termasuk berperang di jalan ALLAH dengan taat dan rela. (Dahsyatnya sabar, 2010)

 

21. KESABARAN MENUJU SURGA

Ibn Abbas berkata, “Maukah km aku tunjukkan kpd wanita dari ahli surga?”. Ibn Abu Rabbah mnjwb, “Tentu”
Dia brkata, “Wanita hitam ini pernah mendatangi Nabi saw dan berkata: ‘Sesungguhnya saya kesurupan (tidak sadarkan diri, semacam epilepsi/ayan), maka berdoalah untukku kepada Allah swt”. Beliau saw bersbda,”Jika engkau mau bersabarlah dan bagimu surga, dan jika engkau mau aku akan berdoa kpd Allah agar menyembuhkanmu”. Maka wanita ini brkata,”Saya bersabar”. Lalu dia berkata lagi, “Saya tersingkap (auratnya terbuka saat muncul gejala), doakanlah agar saya tdk tersingkap”, maka Beliau saw berdoa untuknya. (HR Bukhari Muslim)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: