Menjadi Kaya dengan Sedekah

Image

1. SEDEKAH BERLIPAT GANDA 700 KALI

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan  hartanya di jalan Allah  adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui. (Al Baqarah 261)

nb: total sedekah berlipat 700 kali

2. SEDEKAHMU AKAN DILIPATGANDAKAN ALLAH

Sesungguhnya orang-orang yang membenarkan (Allah dan Rasul- Nya) baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pembayarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.(Al Hadiid 18)
nb: pinjaman maksudnya sedekah/ infaq

3. SEDEKAHMU AKAN DILIPATGANDAKAN ALLAH

Jika kamu meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya Allah melipat gandakan balasannya kepadamu dan mengampuni kamu. Dan Allah Maha Pembalas Jasa lagi Maha Penyantun. (At Taghaabun 17)

4. SEDEKAHMU DILIPATGANDAKAN 10 KALI

Diceritakan dari Abdullah bin al-Mubarak bahwa pada suatu hari datang kepadanya seorang peminta-minta, ia memiliki sedikit makanan. Dan Abdullah  tidak memiliki apapun kecuali sepuluh butir telur. Abdullah menyuruh pelayannya untuk memberikannya. Pelayan tersebut memberikan sembilan butir, sedang yg satu lagi ia sembunyikan. Pada sore hari, ketika matahari mulai tenggelam, datanglah seorang laki-laki ke rumah Abdullah, lelaki itu berkata, “Ambillah bakul ini”. Bakul tersebut berisi telur yang jumlahnya sebanyak sembilan puluh butir telur. Setelah itu, ia memanggil pelayannya dan bertanya, “Dimanakah telur yg lainnya? Berapa butir yg engkau berikan kepada pengemis tadi?”. Pelayannya menjawab, “Aku memberikan sembilan butir, dan yg satu aku simpan untuk berbuka”. Abdullah berkata, “Engkau telah berhutang kepada kami sebanyak sepuluh butir telur”. (Syaikh Abdul Qadir Jailani)

nb : pelayan tersebut berhutang 10 butir karena dia menyembunyikan 1 butir telur yg seharusnya berlipat menjadi 10 butir.

5. SEDEKAH TIDAK AKAN RUGI

Dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan (di jalan allah), maka pahalanya itu untuk kamu sendiri. Dan janganlah kamu membelanjakan sesuatu melainkan karena mencari keridhaan Allah. Dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan, niscaya kamu akan diberi pahalanya dengan cukup sedang kamu sedikitpun tidak akan dianiaya (dirugikan).  (Al Baqarah 272)

6. SEDEKAH TIDAK AKAN MENGURANGI HARTA

Sebagian orang menganggap bahwa sedekah mengurangi harta dan mendekatkan manusia kepada kefakiran, sehingga  ia akan hidup dalam kekhawatiran sekalipun memiliki banyak harta. Anggapan ini sesungguhnya hanyalah was-was dari setan yang dibisikkan ke dalam jiwa orang-orang yang lemah imannya.

“Setan menjadikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir)” (Al-Baqarah 268)

Sesungguhnya harta tidak akan berkurang bahkan bertambah/berlipat ganda jika bersedekah. Dan orang yg bersabar saat mendapat penganiayaan, akan dimuliakan ALLAH

Rosulullah saw bersabda, “Tidaklah berkurang harta seorang hamba karena disedekahkan dan tidaklah dianiaya seorang hamba dengan suatu penganiayaan,  lalu ia bersabar atasnya, kecuali ALLAH akan menambah kemuliaan baginya” (at Tirmidzi). (Makna dan Hikmah Sabar, 2000)

7. BERHUBUNGAN DENGAN ALLAH MELALUI SEDEKAH

Selama engkau berkutat dengan urusan dunia, maka engkau tidak akan sampai kepada akhirat. Selama engkau bersama dengan makhluk, maka engkau tidak akan pernah sampai kepada-NYA. Salah satu cara untuk bertaut dengan-NYA adalah dengan menjalin hubungan dg orang-orang fakir, yaitu dengan memberikan sesuatu dari hartamu untuk mereka.(Syaikh Abdul Qadir Jailani)

8. MESKI HANYA SEDEKAH KURMA

Rosulullah saw bersabda, ’Takutlah kamu sekalian terhadap api neraka walaupun hanya bersedekah dengan separuh biji kurma (HR Bukhari Muslim)

9. TIDAK MENOLAK PEMINTA

Ada beberapa orang dari kaum Anshar meminta kepada Nabi saw maka Beliau pun memberinya. Kemudian mereka meminta lagi dan Beliau tetap memberinya, hingga habislah apa yg ada pada Beliau. Maka Beliau bersabda kpd mereka ketika Beliau etlah menginfakkan segala sesuatu ditangannya, “Apa saja kebaikan yg ada padaku maka aku tidak akan menimbunnya jauh dari kalian. Barangsiapa yg bersikap iffah (tidak meminta2) maka Allah akan menjadikannya org yg bersih. Barangsiapa yg merasa cukup maka Allah akan menjadikannya kaya dan barangsiapa yg berusaha untuk sabar maka Allah akan menjadikannya seorang penyabar. Tidak ada orang yg diberi karunia yg paling baik dan paling luas daripada kesabaran” (HR Bukhari Muslim)

 

10. BERSEDEKAHLAH, MAKA HARTAMU AKAN DIJAGA ALLAH

Rosulullah saw bersabda, “Ketika berada di tanah lapang, ada seseorang yg tiba-tiba mendengar suara di awan yg mengatakan, ‘airilah kebun si fulan’. kemudian, awan itu bergerak hingga sampai pada kebun si fulan dan mencurahkan airnya disana, sejenak, orang itu memperhatikan keadaan di sekitarnya. tiba-tiba dia melihat seorang lelaki yg memindahkan air itu dengan sekop. orang itu kemudian bertanya kepada laki-laki tersebut, “tuan, siapakah nama anda?”. Lelaki itu menjawab, “nama saya fulan”. –nama yg dia dengar dari awan saat berada di tanah lapang tadi–. orang itu kemudian melanjutkan  pembicaraannya dengan lelaki itu, “tadi saya mendengar suara memerintahkan pada awan ini untuk mengairi kebun tuan. sebenarnya apa yg anda lakukan dg kebun ini?”. lelaki itu menjawab, “saya sangat memperhatikan segala sesuatu yg dihasilkan dari kebun ini. dari hasil panen kebun ini, saya membaginya menjadi tiga bagian: sepertiga sayasedekahkan, sepertiga saya pergunakan untuk menafkahi keluarga saya, dan sepertiga lagi saya pergunakan untuk perawatan kebun ini”. (HR Muslim)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: