Neraka Bagi Yang Membenci Orang Tuanya

Image

1. NERAKA BAGI YANG MEMBENCI ORANG TUANYA

Rosulullah saw bersabda, “Barangsiapa pada pagi hari membenci kedua orang tuanya, maka pada pagi hari itu dibukakan baginya dua pintu ke neraka. Barangsiapa pada sore hari membenci kedua orang tuanya, maka pada sore hari itu dibukakan baginya dua pintu ke neraka. Jika satu orangtua, maka satu pintu neraka. Meskipun mereka menganiayanya, meskipun mereka menganiayanya, meskipun mereka menganiayanya”.

Rosulullah saw bersabda, “Ridha Tuhan tergantung pada ridha kedua orang tua, dan kemurkaan Tuhan tergantung pada kemurkaan kedua orang tua”. (al-Ghunyah; Syaikh Abdul Qadir Jailani, 2010)

 

2. HARTAMU ADALAH MILIK ORANG TUAMU

Suatu ketika, ada seseorang yang datang menemui Rosulullah saw. Ia mengadukan perihal hartanya yang terkuras habis untuk mencukupi kebutuhan orang tuanya. Menurut pengakuannya, orang tuanya telah menghabiskan hartanya secara semena-mena.
Mendengar pengakuan itu, beliau menjawab, “Dirimu dan seluruh hartamu adalah milik orang tuamu” (HR Ibnu Majah)

Betapa tegas pernyataan Rosulullah saw diatas supaya sang anaksenantiasa bersikap sabar dan ikhlas, kendatipun orang tuanya memiliki akhlak yang kurang baik. Beliau ingin menjelaskan bahwa sebesar apa pun pengorbanan sang anak kepada orang tuanya, tetap tidak akan mampu membalas jasa mereka. (Akhlak Hubungan Vertikal, 2008)

Satu Tanggapan

  1. terima kasih🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: